Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sajiwa" Klaim Menangi Pemilu Bupati Ciamis

Kompas.com - 23/09/2013, 08:15 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com - Hitung cepat untuk Pemilu Bupati Ciamis, Jawa Barat, yang berlangsung Minggu (22/9/2013), menempatkan pasangan calon bernomor urut 1 Iing Syam Arifin dan Jeje Wiradinata (Sajiwa) sebagai pemenang. Penghitungan resmi baru akan berlangsung pada akhir bulan ini.

Berdasarkan hitung cepat yang bukan digelar Komisi Pemilihan Umum Ciamis, Sajiwa mendapatkan 447.371 suara atau 59,41 suara sah. Sementara perolehan terbesar kedua didapat pasangan calon nomor urut 2 Bagus Wiwaha - Akasah dengan 146.898 suara atau 19,51 persen suara sah.

Urutan ketiga perolehan suara didapat pasangan nomor urut 3, Budi Kurnia - Mita Permatasari, dengan 131.431 suara atau 17,45 persen suara sah. Pasangan calon perseorangan menempati urutan buncit perolehan suara, dengan 27.340 suara atau 3,63 persen suara sah.

"Saya berharap dengan suara yang kami dapat bukan merupakan raihan suara yang diraih secara emosional, namun diikuti partisipasi nyata pada saat kepemimpinan saya nanti," jelas Iing di rumahnya, Senin (23/9/2013) pagi, menanggapi hasil hitung cepat itu.

Iing mengatakan sejak awal telah menargetkan perolehan suaara 63 persen dengan rentang kesalahan 7 persen. Karenanya, hasil yang didapat berdasarkan hitung cepat tersebut menurut Iing sudah sesuai dengan target yang dipatok.

Anggota KPU Kabupaten Ciamis Taufik Iskandar mengatakan KPU tidak menggelar hitung cepat untuk pemilu bupati tahun ini. KPU Kabupaten Ciamis dijadwalkan melakukan rekapitulasi suara pada 28 hingga 30 September 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com