Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

104 Calon Haji Simalungun Diberangkatkan

Kompas.com - 20/09/2013, 19:51 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


SIMALUNGUN, KOMPAS.com
- Sebanyak 104 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, diberangkatkan menuju Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan, Jumat (20/9/2013). Mereka baru akan berangkat ke Tanah Suci Makkah, Sabtu (21/9/2013).

Rombongan ini masuk ke kelompok terbang (Kloter) 10 bergabung dengan calon haji asal Pematangsiantar, Tebing Tinggi dan Medan. Keberangkatan para jemaah calon haji secara langsung dilepas Bupati Simalungun JR Saragih dari halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun, Jalan Asahan, Pematangsiantar.

Pelepasan rombongan calon haji ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh Bupati Simalungun kepada Amrudin Sihotang sebagai Ketua Rombongan (Karom) I dan pataka Kabupaten Simalungun oleh kepada Suyatno selaku Karom II.

Pemberangkatan rombongan diiringi gema azan yang dibawakan oleh Mahyudin. Rombongan dibawa menggunakan dua bus Pemkab Simalungun dan mendapat pengawalan dari Polres Simalungun serta panitia menuju Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan.

Dari 104 jemaah, calon haji termuda pria yaitu Zulfan Matondang berusia 37 tahun dari Kecamatan Siantar dan tertua pria Martijan bin Miswan berusia 72 tahun dari Kecamatan Tapian, Dolok. Sedangkan jemaah calon haji perempuan termuda yaitu Rabiatul Adawiyah berusia 24 tahun dari Kecamatan Siantar dan tertua adalah Watini binti Krasoji, berusia 82 tahun dari Kecamatan Bandar Huluan.

Kepala Staf Urusan Haji Kabupaten Simalungun Muslim Lubis dalam keterangannya mengatakan, keberangkatan para jemaah calon haji telah dilengkapi dengan koper dan tas jingjing untuk perbekalan selama di Tanah Suci Makkah. Mereka juga mendapatkan jas, kacu dan kartu kesehatan yang dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun.

"Rombongan jemaah calon haji dan hajjah asal Kabupaten Simalungun terlebih dahulu menuju Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan dan selanjutnya pada Sabtu (21/9/2013) melalui embarkasi Kuala Namu International Airport (KNIA) pada pukul 23.50 WIB dalam kelompok terbang (Kloter) 10 menuju Madinah. Diperkirakan akan tiba pada Minggu (22/9/2013) pukul 03.34 waktu Madinah," kata Muslim.

Bupati Simalungun JR Saragih menyampaikan, pada 2013 Pemerintah Kabupaten Simalungun memberangkatkan jemaah calon haji sebanyak 104 orang. Jumlah ini, kata dia, menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu dan ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Simalungun, tetapi juga di seluruh daerah.

Saragih berharap kepada para jemaah calon haji, saat melaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Makkah agar mendoakan masyarakat dan daerah Kabupaten Simalungun serta para keluarga yang ditinggalkan. "Doakan kami dan daerah Simalungun sehingga masyarakat maupun keluarga tetap dalam keadaan baik," katanya.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada para calon haji untuk tetap menjaga kesehatan dan mengikuti segala peraturan dan ketentuan selama melaksanakan ibadah haji, sehingga nanti dapat menjadi haji dan hajjah yang mabrur.

"Kita berharap para jemaah haji dan hajjah tetap dalam keadaan sehat selama di sana (Makkah), begitu juga sekembalinya nanti juga dalam keadaan sehat tanpa kekurangan sesuatu apapun dan membawa berkah bagi daerah ini," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com