Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Korupsi APBD, Eks Kabag Humas Tapanuli Tengah Ditangkap

Kompas.com - 20/09/2013, 18:03 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Kepala Bagian Humas Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Johanes Simanulang, ditangkap tim Satuan Tugas (Satgas) Kejaksaan Agung, Jumat (20/9/2013). Johanes ditangkap lantaran diduga terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi alokasi dana APBD fiktif Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Setia Untung Arimuladi mengatakan, Johanes telah masuk ke Daftar Pencarian Orang Kejari Sibolga, Sumatera Utara. Ia ditangkap di Terminal 1-B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 10.15 WIB.

"Penangkapan terhadap Johanes berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Kajari Sibolga Nomor Print-2011/N.2.13/Fd.1/08/2012," kata Untung melalui pesan singkat yang diterima wartawan.

Dalam perkara tersebut, Untung menjelaskan, diduga tersangka mengalokasikan dana APBD fiktif senilai Rp 1,8 miliar yang diperuntukan untuk kegiatan kehumasan Pemkab Tapanuli Tengah pada tahun 2006 lalu.

Untung menambahkan, penangkapan terhadap Johanes, tidak terlepas dari keberadaan pusat pemantauan (Monitoring Center) Kejaksaan Agung yang telah beroperasi sejak Juli 2011 lalu. Sampai saat ini, tidak kurang dari 100 orang yang telah ditangkap Kejagung sejak keberadaan Monitoring Center tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com