Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangki Keluarkan Percikan Api, Karyawan SPBU Berhamburan

Kompas.com - 20/09/2013, 16:25 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com — Sebuah mobil tangki milik Pertamina bernomor polisi N 8144 UB nyaris terbakar saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ahmad Yani, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jumat (20/9/2013). Mobil tangki itu sempat mengalami dua kali korsleting di bagian dinamo dan aki, hingga mengeluarkan percikan api.

Peristiwa itu sontak membuat kaget para karyawan SPBU dan konsumen sehingga mereka berhamburan ke luar SPBU. “Korsleting pertama terjadi di bagian aki mobil, dan mengeluarkan percikan api. Saat itu juga kita langsung tembakkan alat pemadam api ringan (APAR) ke bagian aki," ujar penanggung jawab SPBU Ahmad Yani, Mulyanto Hasbullah, kepada Kompas.com.

Selang beberapa menit kemudian, percikan api kembali terlihat di bagian dinamo mobil, tepat di bawah kursi depan sopir. “Kita kemudian mengambil seluruh APAR yang ada di SPBU dan kita tembakkan ke seluruh bagian kepala mobil, dan seketika itu juga percikan api langsung dapat dipadamkan," jelas Mulyanto.

Pantauan di lapangan, kondisi di sekitar SPBU Ahmad Yani sangat gelap lantaran asap APAR yang ditembakkan ke mobil tangki menyelimuti seluruh wilayah SPBU. Akibat peristiwa itu, Jalan Ahmad Yani macet total karena lokasi SPBU berada di tengah Kota Jember.

Kasus korsleting yang nyaris mengakibatkan terbakarnya mobil tangki dan SPBU itu sedang didalami petugas dari Kepolisian Resor Jember. Polisi yang tiba di lokasi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan dari karyawan SPBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com