Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan "Damai" Menangi Pilkada Ulang di SBT

Kompas.com - 20/09/2013, 14:47 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Abullah Vanath Martin Jonas Maspaitella (Damai) menang mutlak pemilihan kepala daerah Maluku ulangan, di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara di 12 kecamatan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, pasangan Damai menang di seluruh kecamatan dengan total jumlah suara 52.819 suara.

Di urutan kedua, pasangan Said Assagaf-Zeth Sahuburua (Setia) mendapat 10.914 suara, Pasangan Herman Koedoeboen-Daud Sangadji (Mandat) dengan 3.222 suara, dan pasangan Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa (Tulus) memeroleh 998 suara. Sementara di posisi terakhir, pasangan Jakobus Putileihalat-Arifin Tapi Oyihoe (Bob-Arif) mendapat 380 suara.

Anggota KPU Maluku, Musa Toekan, mengatakan, rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara ulang di SBT sudah selesai digelar Jumat (20/9/2013).  Selanjutnya, hasil tersebut akan direkapitulasi di tingkat provinsi, sebelum dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta.

Musa mengatakan, dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di SBT sebanyak 89.639, yang memilih hanya 68.848, sisanya tidak menyalurkan haknya. "Jumlah suara sah 68.333, jumlah Suara tidak sah, 515 total yang ikut pilih 68.848," ungkapnya lagi.

Jika MK menerima hasil pemungutan suara ulang tersebut, maka dipastikan pasangan Setia dan pasangan Damai yang akan lolos ke putaran dua pilkada Maluku.

Meski menang telak di SBT, namun secara keseluruhan perolehan suara. Pasangan Damai di Maluku hanya 192.587 suara, kalah dari pasangan Setia dengan memperoleh 194.581 suara, dan pasangan Mandat 189.071 suara. Sedangkan dua pasangan lain yakni pasangan Tulus mendapat 160.963 suara dan pasangan Bob-Arif dengan 116.730 suara.

Pasangan Setia didukung, koaslisi partai Golkar, PKS, PPP,PAN, Patriot dan PDS, sedangkan pasangan Damai didukung koalisi 14 Partai non parlemen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com