Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imigrasi Tasik Keberatan Tampung Puluhan Imigran Gelap

Kompas.com - 19/09/2013, 22:51 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kantor Imigrasi Tasikmalaya merasa keberatan harus menampung puluhan imigran gelap yang ditangkap di wilayah Garut, belum lama ini. Para imigran ini terpaksa dikirim ke kantor Imigrasi di Tasik, karena tak ada satu pun penginapan di Garut dan Tasik, yang mau dijadikan sebagai penampungan sementara.

"Kami bingung di sini enggak ada tempat untuk menampung mereka. Apalagi mereka suka merusak fasilitas. Jadi enggak ada penginapan yang mau menampung mereka," jelas Kepala Kantor Imigrasi Tasikmalaya Ahmad Suyansah kepada sejumlah wartawan di kantornya, Kamis (19/09/2013).

Ahmad mengaku keberatan kalau para imigran ini ditampung di kantornya. Pasalnya, pihaknya sudah tak memiliki tempat lagi untuk penampungan. "Di sini sudah tidak ada tempat lagi," kata Ahmad.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Garut Kompol Rudie menyatakan, para imigrn yang ditangkap di wilayah Garut ini berjumlah 74 orang. Mereka berasal dari Afganistan, Iran dan Lebanon.

"Mereka ditangkap saat di perjalanan menuju wilayah pesisir selatan Garut. Tujuan mereka akan menyeberang ke Australia," ungkap Rudie, saat mengawal para imigran di kantor Imigrasi Tasikmalaya.

Sebelumnya, pada Kamis siang para imigran ini didatangkan dari Garut, untuk ditampung sementara di kantor Imigrasi Tasikmalaya. Bahkan di antara mereka terdapat beberapa anak kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com