Jumat, 31 Oktober 2014

News / Regional

KPUD Tetapkan Nomor Urut Calon Bupati Magelang

Kamis, 19 September 2013 | 17:40 WIB
KOMPAS.com/IKA FITRIANA Enam pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Magelang yang akan bertarung di Pilkada Kabupaten Magelang, 27 Oktober 2013 mendatang.

MAGELANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menetapkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Magelang periode 2013-2018, Kamis (19/9/2013). Dengan demikian, enam pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) dinyatakan resmi bertarung dalam Pilkada Kabupaten Magelang, 27 Oktober 2013 mendatang.

Hasil pleno yang digelar di pendopo KPU setempat itu menetapkan, nomor urut 1 diraih pasangan Susilo-Mujadin Putu Murja (PAN dan PPP); nomor urut 2 pasangan Rohadi Pratoto-Muhamad Achadi (Partai Golkar, PKB dan PKS); nomor urut 3 pasangan dari jalur independen, Handoko dan Eko Purnomo.

Lalu nomor urut 4 didapatkan Zaenal Arifin - M Zaenal Arifin (PDI Perjuangan; nomor urut 5 Achmad Majidun-Sad Priyo Putra (Partai Demokrat, Hanura, PPRN dan PBB) dan; nomor urut 6 didapat oleh Muhammad Arwan-Haiban Hajid (Partai Gerindra dan PKNU).

Pengundian dan penetapan nomor urut calon dilakukan secara terbuka dan dihadiri oleh Panwaslu, Muspida, saksi dan enam paslon. Tampak pula ratusan pendukung masing-masing paslon memadati kantor KPU Magelang. Tidak sedikit dari mereka ada yang memakai kostum unik, mengendarai sepeda onthel hingga membawa rombongan kesenian tradisional, dayakan.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Makmun Rahmatullah mengatakan, pengundian dan penetapan nomor urut ini dilakukan setelah keenam pasangan calon bupati dan wakil bupati telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi dan faktual. “Penetapan nomor urut ini bersifat permanen dan tidak bisa ditukar lagi,” tandas Makmun.

Seusai pngundian dan penetapan nomor urut calon, lanjut Makmun, KPU akan melanjutkan tahapan berikutnya, yakni pengadaan logistik dan tahapan kampanye yang akan dilakukan pada 9 Oktober 2013. Pleno pengundian nomor urut ini diakhiri dengan pengucapan dan penandatanganan ikrar damai Pilkada Kabupaten Magelang tahun 2013 yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Magelang dan diikuti seluruh pasangan calon.

Penulis: Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Editor : Farid Assifa