Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hibur Pengungsi Sinabung, Bupati Simalungun Menari

Kompas.com - 18/09/2013, 21:18 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


SIMALUNGUN, KOMPAS.com
- Solidaritas sebagai daerah bertetangga, Bupati Simalungun JR Saragih mengunjungi dan memberikan bantuan kepada para pengungsi Gunung Sinabung di dua posko pengungsian di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (18/9/2013).

JR Saragih bersama rombongan pejabat Pemerintah Kabupaten Simalungun terlebih dahulu mengunjungi Posko Jambur Sempakata. Tiba di lokasi pengungsian, rombongan JR Saragih disambut Camat Nama Teran, Terang Ukur br Surbakti dan beberapa unsur pejabat di kecamatan. Di sini, JR Saragih memberikan hiburan dengan cara bernyanyi dan menari (landek) bersama masyarakat pengungsi, termasuk anak-anak.

Selain itu, JR Saragih juga memberikan bantuan berupa kebutuhan masyarakat sehari-hari. Dari lokasi ini, JR Saragih kemudian mengunjungi pengungsi lainnya di Pos GBKP. Di pos ini, rombongan JR Saragih disambut oleh beberapa petugas posko dan masyarakat pengungsi.

Seperti halnya di Pos Jambur Sempakata, JR Saragih juga memberikan hiburn sekaligus memberikan bantuan. Di sela menghibur pengungsi, JR Saragih mengatakan, kedatangannya untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat yang ada di lokasi pengungsian.

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simalungun turut prihatin dengan saudara kami yang berada di Kabupaten Karo ini, terutama masyarakat yang harus meninggalkan rumah dan mengungsi ke lokasi-lokasi yang aman akibat meletusnya gunung Sinabung. Sebagai tetangga, apa yang dirasakan oleh masyarakat di sini, kami juga merasakannya,” kata JR.

Kepada anak-anak sekolah, JR Saragih sempat menitip pesan agar jangan malas belajar akibat musibah ini, malah harus lebih giat lagi.

JR Saragih, selain sebagai Bupati Simalungun juga merupakan pendiri Yayasan Efarina yaitu Rumah Sakit (RS) Efarina yang berada di Kota Berastagi. Itu sebabnya, dalam membantu para pengungsi, RS Efarina membuka posko kesehatan 24 jam.

“Kami siap memberikan pelayanan kesehatan bagi para pengungsi 24 jam, yaitu pengobatan gratis. Ini membuktikan partisipasi kami untuk membantu para pengungsi,” ujarnya.

W br Ginting, salah seorang pengungsi yang berada di Pos GBKP menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang memberikan bantuan.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak Bupati Simalungun yang telah memberikan bantuan kepada kami, semoga ini dapat membantu meringankan beban derita kami," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com