Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Banyuwangi Akan Beli 14.000 Ton Kedelai Lokal

Kompas.com - 18/09/2013, 19:12 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Badan Urusan Logistik Jawa Timur menargetkan membeli kedelai lokal sebanyak 14 ribu ton. Kepala Bulog Subdivisi regional Banyuwangi, Raswan Setiyawan kepada Kompas.com Rabu (18/9/2013) mengatakan, Banyuwangi mempunyai lahan pertanian kedelai terluas sehingga mempunyai serapan yang besar untuk kedelai.

"Rencananya kami mulai membeli kedelai lokal pada pertengahan Oktober 2013 dengan harga 7.000 rupiah per kilogramnya," katanya.

Raswan juga mengungkapkan, ada sekitar 40 kelompok tani yang siap menjual hasil pertaniannya ke Bulog. "Untuk wilayah Banyuwangi, petani kedelai banyak terkonsentrasi di wilayah Banyuwangi selatan yaitu kecamatan Tegaldlimo, Purwoharjo dan Muncar. Sedangkan kebutuhan kedelai untuk wilayah Banyuwangi setiap harinya mencapai 45 ton per hari," jelasnya.

Sementara itu Badri, Ketua Ketua Asosiasi Perajin Tahu Tempe Banyuwangi mengaku akan membeli kedelai bahan produksi tempe tahu ke Bulog. "Jika memang kualitasnya bagus, kami akan membelinya langsung ke Bulog karena harganya sudah jelas. Jika beli di pengecer pasti harganya akan dimainkan lagi," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com