Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data IT KPU: Awang-Mukmin Unggul di Pilgub Kaltim

Kompas.com - 16/09/2013, 21:25 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut satu, Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisal, belakangan disebut-sebut bakal memenangkan suara masyarakat Kaltim. Hal itu dilihat dari data tabulasi IT milik KPU, pasangan ini unggul dari dua pasangan lainnya.

Data dari KPU terlihat pasangan Awang-Mukmin sementara meraih 619.377 suara atau 41,62 persen. Disusul pasangan nomor urut dua, Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex sebanyak 319.509 suara atau 21,47 persen. Sedangkan pasangan nomor urut tiga, Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni, meraih 549.263 suara atau 36,91 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Andi Sunandar mengatakan, data tersebut adalah tabulasi IT KPU yang masuk ke KPUD Kaltim. Namun data tersebut hanya sebagai pembanding, dan tidak dijadikan dasar untuk penetapan pemenang Pilgub Kaltim.

“Data yang akan digunakan menetapkan pemenang Pilgub Kaltim 2013, adalah data yang bersumber dari hasil pleno KPUD di 14 kabupaten/kota. Nanti akan kita hitung dan sekaligus penetapan calon terpilih 18 September ini,” terangnya saat memberikan hasil tabulasi IT KPU kepada wartawan, Senin (16/9/2013).

Menurutnya, dari 14 KPUD Kabupaten/Kota di Kaltim, hanya KPUD Balikpapan dan Berau yang belum menyelesaikan rekapitulasi manual. Data tabulasi IT KPU kemarin merupakan data terakhir yang diterima IT KPUD Kaltim.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Pilgub Kaltim berjumlah 2.795.821 telah masuk seluruhnya ke IT KPUD. Sedangkan jumlah pemilih yang mencoblos sebanyak 1.539.083. Dengan demikian, jumlah golput di Kaltim tercatat 1.256.738. Dari jumlah yang memilih, sebanyak 50.934 suara dinyatakan tidak sah.

“Kalau yang berdasarkan pleno, tinggal Balikpapan dan Berau yang sudah selesai. Jika dipersentasekan, angka golput tertinggi terdapat di Kabupaten Tana Tidung. Dari 14.899 DPT, jumlah pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tercatat hanya 1.410, sedangkan sisanya golput,” pungkas Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com