Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Terbalik, 5 Nelayan Tenggelam, 1 Hilang

Kompas.com - 16/09/2013, 21:08 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com - Enam nelayan asal Desa Dharma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Senin (16/9/2013) tenggelam di perairan Sreseh, Sampang, saat mencari ikan. Kapal yang ditumpangi mereka tiba-tiba terbalik karena dihantam ombak.

Enam nelayan itu masing-masing Badin, Mansumu, Hayyan, Abdus, Siri dan Sukur. Lima di antara mereka selamat, sementara satu lagi, yakni Sukur hilang dan hingga kini belum diketahui nasibnya. Sukur dihantam ombak dan terseret derasnya arus sehingga lima rekannya tidak berdaya untuk menyelamatkannya.

Hayyan, salah satu nelayan yang selamat menuturkan, tenggelamnya perahu yang ditumpanginya berawal saat ia dan teman-temannya melempar jaring. Tiba-tiba perahunya terbalik karena dihantam ombak dan kencangnya hempasan angin. Kebetulan saat kejadian, ketinggian ombak sekitar 1 meter lebih.

"Belum pernah saya mengalami hal seperti ini. Pasalnya meskipun ombak besar dan angin kencang, perahu tidak pernah oleng, apalagi sampai terbalik hingga tenggelam," kata Hayyan.

Hayyan sendiri masih sempat melihat Sukur sebelum hilang ditelan ombak. Namun karena perahu yang ditumpanginya sudah menjauh dari dirinya dan rekannya yang lain, semuanya memilih menyelamatkan masing-masing. Pria dua anak ini yakin kalau Sukur bisa menyelamatkan diri seperti empat rekannya yang lain. Pasalnya, Sukur bukan nelayan baru dan pandai berenang.

Nelayan setempat masih terus mencari Sukur. Bahkan Pemerintah Kabupaten Sampang sudah meminta bantuan Polisi Air Laut untuk mencari Sukur. Namun karena sudah malam, pencarian sementara waktu dihentikan dan akan dilanjutkan besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com