Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggali Kabel Telepon Temukan Granat Nanas

Kompas.com - 15/09/2013, 21:56 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSSIANTAR, KOMPAS.com - Seorang penggali kabel telepon di Pematangsiantar, Sumatera Utara, Wagino (45), menemukan satu buah granat jenis nanas yang diduga masih aktif.

Wagino, warga Hamparan Perak, Medan ini menemukan granat di pinggir jalan umum Sibatu-batu Blok 2, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar, Minggu (15/9/2013) sore.

Wagino mengaku menemukan granat tangan jenis nanas yang sudah berkarat ketika bersama beberapa pekerja lainnya sedang menggali tanah untuk memasang kabel telepon milik PT Telkom di jalan umum Jalan Sibatu-batu.

"Saat menggali tanah di pinggir jalan, tiba-tiba cangkul yang kugunakan menggali tanah menyentuh sebuah benda keras. Untuk mengetahui benda itu, aku coba angkat kemudian membersihkan tanah yang melekat atau lengket di benda keras itu. Ternyata granat tangan," kata Wagino.

Mengetahui itu, kata Wagino, dia dengan perlahan meletakkan granat ke tanah karena takut meledak, lalu memberitahu kepada rekan-rekannya.

Sementara kepolisian yang mendapat informasi temuan tersebut langsung mengamankan granat. "Kita sudah mengangkat granat tangan jenis nanas yang sudah berkarat tersebut kemudian kita amankan ke Polsek," kata Kepala Polsek Siantar Martoba, Pematangsiantar AKP Mukson.

Mukson menyebut, granat nanas diduga masih aktif walaupun sudah kondisi berkarat. "Nanti akan kita serahkan ke Brimob Pematangsiantar untuk dilakukan pemeriksaan," kata Mukson. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com