Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNS Gunungsitoli Wajib Bersepeda

Kompas.com - 14/09/2013, 14:17 WIB
Kontributor Nias, Hendrik Yanto Halawa

Penulis

KOTA GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com - Untuk mendorong penghematan bahan bakar minyak, Wali Kota Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara, mewajibkan para pegawai negeri sipil menggunakan sepeda ke kantor.

"Minggu depan seluruh PNS wajib memakai sepeda untuik melakukan aktivitas ke Kantor Walikota Gunungsitoli juga seluruh PNS yang berada di wilayah Kota Gunungsitoli untuk bersepeda setiap Hari Jumat," kata Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase, MSP, di sela-sela kegiatan sepeda santai, Jumat (13/9/2013) kemarin. 

Martinus Lase mengatakan, jika seluruh PNS di Kota Gunungsitoli yang mencapai 2.500 orang menggunakan sepeda ke kantor, penghematan BBM mencapai 12.500 liter. Program tersebut hanya sekali seminggu yakni setiap Jumat mulai 20 September 2013. 

Ia mengatakan, sanksi terhadap PNS yang tidak mematuhi aturan ini akan di golongakan pada penilaian dari sisi loyalitas.


Untuk mendukung kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Gunungsitoli bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah akan menyediakan sepeda kepada semua pegawai secara cicilan. Tidak ada lagi alasan bagi setiap PNS di lingkungan Kota Gunungsitoli tidak memiliki sepeda.

Kegiatan sepeda santai yang dilakukan Jumat kemarin itu diikuti ratusan Pegawai Negeri Sipil Pemerintahan Kota Gunungsitoli dan personel Polres Nias serta para pecinta sepeda. Sepeda santai tersebut melewati rute mulai dari Kantor Walikota Jalan Pancasila ke Jalan Sudirman Jalan Ahmad Yani, Jalan Gomo, Jalan Sirao Jalan Diponegoro Jalan Pendidikan, Jalan Karet, Jalan Pattimura, lalu berakhir kembali ke kantor Walikota Gunungsitoli.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com