Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendal Larang Siswa SMP Bawa Motor, Dorong Penggunaan Sepeda "Onthel"

Kompas.com - 14/09/2013, 13:36 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menerbitkan surat edaran ke sekolah-sekolah setingkat SMP, meminta pelarangan bagi para siswa SMP mengendarai sepeda motor ke sekolah. Selain larangan itu, disampaikan pula imbauan penggunaan kembali sepeda onthel.

“Kasus yang menimpa anak Ahmad Dhani, bisa menjadi pelajaran kita semua. Saya berharap, tidak terjadi di Kabupaten Kendal," kata Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono, Jumat (13/9/2013).

Selain surat edaran yang melarang siswa SMP mengendarai sepeda motor ke sekolah, imbuh Muryono, akan diterbitkan juga surat edaran lain untuk mengimbau penggunaan kembali sepeda onthel sebagai sarana transportasi ke sekolah. “Bersepeda malah sehat. Kami juga akan mengirim surat imbauan itu,” jelasnya.

Pelarangan penggunaan sepeda motor oleh siswa SMP, yang secara usia juga belum memenuhi syarat untuk memiliki surat izin mengemudi, juga akan diperkuat oleh kepolisian. Kasatlantas Polres Kendal, AKP Imam Zamroni, menyatakan dalam waktu dekat akan ada kesepakatan (MoU) dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal terkait pelarangan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com