Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Siswa SD Melukis Ambon di Tepi Laut

Kompas.com - 13/09/2013, 13:30 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 500 siswa SD, SMP dan sederajat dari seluruh sekolah di Ambon menunjukan kemampuan melukis keindahan Kota Ambon di atas kanvas, di sepanjang tepi pantai di kawasan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe Ambon, Jumat (14/9/2013).

Ratusan siswa ini terlihat begitu antusias dan bersemangat. Kebanyakan dari para siswa memilih melukis pesona pantai dan sejumlah tempat pariwisata di Kota Ambon.

Kegiatan eksebisi seni rupa dalam bentuk demonstrasi melukis yang digelar oleh Taman Budaya provinsi Maluku ini sengaja dilakukan guna menggali bakat seni lukis.

Kepala Taman Budaya Provinsi Maluku, Semmy Toisuta, siang ini mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan. "Kegiatan ini intinya untuk mendorong dan mengasah kemampuan dan bakat para siswa di bidang seni sejak dini, agar ke depan ada yang bisa menjadi seniman profesional," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, seluruh peralatan melukis seperi kanvas, cat pewarna dan kuas disediakan langsung oleh pihak Taman Budaya. "Kita mendapat support dari kementerian pariwisata dan kebudayaan, berupa bantuan kanvas dan peralatan lainnya, sehingga semua peralatan pendukung dapat kita sediakan," ungkapnya.

Dari ratusan lukisan yang dibuat para siswa, tampak sebuah lukisan menarik yang dibuat oleh seorang siswa SD 38 kudamati bernama Dafne Gomies. Siswa ini melukis panorama pantai pintu Kota salah satu obyek wisata terkenal di Ambon. Lukisan itu terlihat mirip seperti aslinya.

"Saya pernah ke sana pantainya sangat indah sekali dan sangat layak dikunjungi," ujar Dafne.

Sejumlah siswa mengaku senang dengan kegiatan tersebut, para siswa berharap kegiatan ini akan terus dilakukan tiap tahunnya. "Saya suka menggambar, semoga kegiatan ini selalu dilakukan tiap tahun," ujar Intan Papilaja, siswa SD 84 Ambon.

Selain melukis keindahan laut dan panorama Kota Ambon, sejumlah siswa juga melukis tokoh kartun seperti Doraemon, Naruto, Batman dan tokoh kartun lainnya. Selain itu ada juga yang melukis hewan, dan suasana kota.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com