Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cessna Jatuh karena Kerusakan Mesin

Kompas.com - 12/09/2013, 19:43 WIB
BATAM, KOMPAS.com - Pesawat Cessna 152 milik sekolah penerbangan Flybest jatuh di Perairan Pulau Ngenang, Kamis (12/9/2013), akibat kerusakan mesin, kata Kepala Keselamatan Penerbangan Bandara Hang Nadim Indah Irwansyah.

"Setelah terbang sekitar 15 sampai 16 menit terbang, instruktur penerbang menyatakan ada engine trouble," kata Irwansyah.

Beberapa saat setelah menyatakan kerusakan pada mesin, pihak ATC Bandara Hang Nadim kehilangan hubungan dengan awak pesawat.

Pesawat latih itu diketahui jatuh di Perairan Pulau Ngenang. Dua awaknya, yaitu instruktur penerbangan bernama Lidia Rosa dan muridnya Agus Nabil selamat.

Irwansyah mengatakan sebelum lepas landas, kelaikan pesawat sudah dicek dan diketahui dalam kondisi layak terbang. "Sebelum take off, sudah dicek engineering, pesawat laik terbang sehingga instruktur memutuskan take off," kata dia.

Pesawat latih itu rencananya akan latihan terbang memutar dengan status dual flight ke dari bandara ke Jembatan lima, Mampang, Numbing lalu kembali ke Jembatan Lima, Tanjunguban dan Batam.

Sekolah Penerbangan Flybest, kata dia, berkegiatan di Bandara Hang Nadim Batam dan memiliki lima pesawat latih yang tiap hari terbang. "Kami ada jadwal terbang Flybest setiap hari," kata Irwansyah.

Mengenai kecelakaan, pihak bandara, kata dia, sudah melapor ke Basarnas dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi di pusat. "Karena lokasi kejadian di wilayah udara terminal kontrol Tanjungpinang, maka kami hanya bisa membantu saja dari ATC Batam," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com