Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahalnya Biaya Pemeriksaan Kesehatan Calon Jemaah Haji di Nunukan

Kompas.com - 12/09/2013, 09:45 WIB
Kontributor Nunukan, Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - Calon jemaah haji Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara mengeluhkan tingginya biaya pemeriksaan kesehatan yang diberlakukan pihak Rumah Sakit Umum Daerah Nunukan. Untuk setiap calon haji dikenakan biaya hingga Rp 800 ribu.

“Kita menarik sesuai perda, sekitar Rp 800 ribu. Itu yang lengkap. Karena dari dulu juga segitu. Tarif perda tahun 2011,” kata Direktur Rumah Sakit Daerah Nunukan Dr Marwan, Rabu (12/9/2013) kemarin.

Kementerian Agama Kabupaten Nunukan pun mengakui adanya laporan keberatan dari calon jemaah haji soal biaya pemeriksaan kesehatan yang dibebankan kepada calon jemaah haji.

Namun, Kepala seksi Penyelenggara Haji Kementerian Agama Kabupaten Nunukan Sarifuddin memastikan, demi pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji tidak dipungut biaya.

“Sebenarnya kalau kesehatan haji itu kan nggak perlu bayar, kalau cuma periksa kesehatan tanpa dirontgen tanpa keseluruhan itu ya gratis aja sih. Kecuali risiko tinggi, tapi dilihat seberapa tinggi risikonya,” kata Sarifudin.

“Tolong kalau tidak berisiko tinggi tidak perlu diperiksa menyeluruh. Cukup divaksin saja,” ujar Sarifuddin mengimbau kepada pihak rumah sakit.

Sementara, anggota Badan Legislasi DPRD Nunukan Karel Sompoton menyatakan, belum ada peraturan daerah yang mengatur biaya pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji sebesar Rp 800 ribu.

“Menurut saya berat itu Rp 800 ribu. Ini kan ambil persyaratan untuk naik haji. Seharusnya kita itu membantu mereka untuk mempermudah. Belum ada itu perda untuk persayaratan haji Rp  00 ribu,” tegas Karel Sompoton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com