Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Bengkulu Bikin Program Penitipan Tahanan di Pesantren

Kompas.com - 11/09/2013, 20:48 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Kapolda Bengkulu Brigjen Pol AJ Beny Mokalu membuat program penitipan tahanan ke pesantren. Program itu untuk menyiasati membeludaknya penghuni di lembaga pemasyarakatan di wilayah tersebut.

"Program ini masih dalam tahap persiapan kesepakatan bersama antara Polda, Kejati, dan kehakiman, pembahasan tersebut telah beberapa kali kita gelar, usulan penitipan tahanan di beberapa pesantren tersebut guna menyiasati penuhnya daya tampung lapas di Bengkulu," kata Beny Mokalu, Rabu (11/9/2013).

Beny menjelaskan, ada beberapa kriteria tahanan yang bisa dititipkan di pesantren. Kriteria itu antara lain tahanan yang mendapatkan asimilasi, tahanan yang masa tahanannya hampir selesai, tahanan kota, dan tahanan rumah.

Saat ini ia melanjutkan, kapasitas tahanan di Lapas Klas IIA Bengkulu sudah melebihi daya tampung sehingga para tahanan di lapas tersebut berdesak-desakan. Jika nantinya tahanan-tahanan itu disebar di beberapa pesantren, mereka juga bisa mendalami ilmu agama dan beberapa kegiatan bermanfaat lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com