Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Khofifah Gugat KPU Jatim ke MK

Kompas.com - 11/09/2013, 18:12 WIB
Rahmat Fiansyah

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah-Herman secara resmi menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur ke Mahkamah Konstitusi terkait indikasi kecurangan sistematis dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Ia menilai, apa yang dilakukannya sebagai upaya untuk mempertanggungjawabkan mandat yang telah diberikan oleh konstituennya. "Ada 6,5 juta orang yang memberikan mandat kepada pasangan BerKah (Khofifah-Herman). Saya harus mempertanggungjawabkan mandat itu," kata Khofifah sesaat sebelum mengajukan gugatan di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Didampingi Herman dan kuasa hukum Berkah Otto Hasibuan, Khofifah yang mengenakan baju dan kerudung berwarna oranye mendaftarkan permohonan gugatan sekitar pukul 16.00 WIB. Otto menjelaskan bahwa terdapat indikasi kecurangan yang dilakukan secara sistematis oleh pasangan tertentu dalam Pilgub Jatim. Ia meminta kepada Mahkamah Konstitusi untuk mendiskualifikasi pasangan yang melakukan kecurangan tersebut.

"Kalau dia menggunakan uang negara untuk kemenangannya, maka dia harus didiskualifikasi," jelasnya.

Otto menjelaskan bahwa gugatan yang diajukan kepada Mahkamah Konstitusi bukanlah pemilihan ulang seperti yang keputusan MK selama ini terkait persengketaan hasil pemilu. Gugatannya justru meminta permohonan tunggal, yaitu meminta diskualifikasi kepada pasangan Soekarwo-Syaifullah (KarSa) yang dianggapnya memperoleh suara secara tidak sah.

"Kami meminta agar MK, pertama, membatalkan Soekarwo-Syaifullah sebagai pemenang menyatakan urutan kedua (pasangan BerKah) sebagai pemenang. Kedua, setidak-tidaknya, melakukan perhitungan ulang tanpa mengikutsertakan pasangan yang melakukan kesalahan," katanya.

Seperti diberitakan, berdasarkan hasil rekapitulasi suara terakhir KPU Jatim Sabtu (7/9/2013), pasangan nomor urut 4, Khofifah Indar Parawansah-Herman Surjadi Sumawiredja mendapatkan 6.525.015 suara (37,62 persen). Pasangan ini diungguli pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf dengan perolehan suara 8.195.816 suara (47,25 persen).

Sementara pasangan jalur independen dengan nomor urut 2, Eggi Sudjana-M Sihat mendapatkan 422.932 suara (2,44 persen), dan pasangan nomor urut 3, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah memperoleh 2.200.069 suara (12,69 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com