Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pileg 2014, KPU Gunakan Kotak Suara Plastik Transparan

Kompas.com - 11/09/2013, 16:15 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com — Untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu akan menggunakan kotak suara dari plastik transparan sebagai pengganti kotak dari aluminium demi penghematan serta efisiensi.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Sahputra menjelaskan, penggunaan kotak suara plastik transparan ini sesuai dengan peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2013, di mana penggunaan kotak suara dan bilik diserahkan kepada KPU provinsi dengan bahan plastik transparan.

"Penggunaan kotak plastik transparan juga dapat menghemat anggaran dibanding menggunakan kotak aluminium seperti yang dipakai setiap pemilu sebelumnya," kata Irwan Sahputra, Rabu (11/9/2013).

Selain kotak suara dari plastik transparan, diperkirakan KPU juga akan menggunakan bilik suara terbuat dari karton yang anti-air. Diharapkan bahan tersebut masih dapat digunakan tidak hanya untuk pemilihan legislatif, tetapi juga dapat digunakan untuk pilkada.

Namun, KPU Provinsi Bengkulu belum bisa mengetahui jumlah kotak suara yang diperlukan. Hal itu masih menunggu hasil rapat koordinasi antar-KPU kabupaten/kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com