Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Calon Bupati Magelang Jalur Independen Lolos Verifikasi

Kompas.com - 10/09/2013, 22:53 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Magelang dari jalur independen, Handoko dan Eko Purnomo dinyatakan telah memenuhi syarat dukungan. Hal tersebut ditegaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat setelah melakukan verifikasi faktual, Selasa (10/9/2013).

"Dari total total 15.800 syarat dukungan, sebanyak 9.322 dinyatakan sah. Sedangkan 6.478 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat," sebut Reni Pujiastuti dari Divisi Hukum dan Pencalonan KPU Kabupaten Magelang.

Dukungan yang tidak memenuhi syarat itu, kata Reni, disebabkan antara lain pemilik identitas tidak mengakui, tidak ada tanda tangan pemilik, KTP kedaluwarsa, berstatus anggota TNI, Polri, PNS, serta penyelenggara pemilu.

Reni melanjutkan, syarat dukungan yang telah diserahkan itu merupakan tahap kedua penyerahan atau penyerahan syarat perbaikan. Sebelumnya, bakal calon pasangan independen sudah mengumpulkan 37.069 dukungan.

"Jadi jumlah tolal dukungan Handokoter-Eko Purnomo sebanyak 46.391 atau lebih banyak dari syarat minimal dukungan yang ditetapkan yakni 38.693," terang Reni.

Ditambahkan, Ketua KPU Kabupaten Magelang, Makmun Rohmatullah hasil verifikasi syarat administrasi semua bakal calon pasangan masih menunggu rapat pleno. "Rencananya, hari ini sudah ada keputusan," ucap Makmun.

Sedangkan untuk penetapan Pasangan Calon akan dilakukan pada 12 September 2013. Namun akan diumumkan secara resmi pada 13 September 2013 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com