Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Warga di Jember Keracunan

Kompas.com - 09/09/2013, 15:27 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - 26 warga Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur mengalami keracunan. Mereka mengalami gangguan kesehatan usai mengonsumsi hidangan pesta pertunangan salah satu warga setempat, Minggu kemarin.

“Habis makan kue itu, saya langsung mual-mual lalu muntah-muntah, dan langsung diare,” ujar Khotijah, salah satu korban.

Saat ini seluruh korban sedang dirawat intensif di Puskesmas Mumbulsari. Di antara korban, juga terdapat anak-anak. Dari pantauan di lapangan, Senin (9/9/2013), para korban masih terlihat lemah karena kekurangan cairan.

Menurut Kepala Puskesmas Mumbulsari, Rukhim Ali, mereka rata-rata mengalami kekurangan cairan akibat diare. Untuk pertolongan pertama, tim medis langsung memberikan infus, agar tidak kekurangan cairan.

“Dugaan kami sementara, mereka mengalami keracunan karena makanan. Namun kami masih akan melakukan penelitian terlebih dahulu, untuk mengetahui kebenarannya. Saat ini korban yang kami rawat sebanyak 26 orang,” ungkap Rukhim.

Data yang berhasil dihimpun sejak Minggu kemarin, para korban mendapatkan makanan dari salah satu tetangganya, yang usai menggelar acara tunangan. Tradisi di masyarakat desa setempat, usai acara tunangan, maka seluruh kue akan dibagi-bagikan kepada tetangga sekitar rumah.

Setelah makan kue itulah, warga kemudian merasakan sakit perut, mual-mual, dan diare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com