Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Ferry Tabrak Kapal Motor di Danau Toba, 4 Orang Hilang

Kompas.com - 08/09/2013, 15:37 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


SAMOSIR,KOMPAS.com-Kapal Fery Tao Toba I menabrak satu kapal motor (KM) Yola di perairan Danau Toba, Minggu (8/9/2013). Kejadian mengakibatkan KM Yola mengalami kerusakan di bagian belakang kapal, sementara 4 penumpangnya dikabarkan hilang di tengah danau.

Kepala Polres Samosir AKBP Doni Damanik membenarkan tabrakan itu. Menurut dia, awalnya kapal Fery Tao Toba I berangkat dari pelabuhan Tomok menuju Parapat. Di tengah danau, kapal menabrak kapal penumpang Pariwisata KM Yola, yang datang dari Parapat menuju Tomok.

"Tabrakan itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB di perairan Tomok. Dari jumlah itu 81 orang selamat dan 4 orang hilang," terang Damanik. Dia menyebut, jumlah penumpang KM Yola sebanyak 85 orang, atau kelebihan muatan hingga 55 orang.

Nama korban hanyut dan hilang diantaranya, Uji (23) warga Medan, Sandi (20) warga Marelan Hamparan Perak, Susiono (30) warga Tanjung Morawa, dan Ujang (28) warga Lubuk Pakam.

Kapolres menyebutkan, langkah yang dilakukan pascakejadian diantaranya berupaya menolong dan mencari korban tenggelam melibatkan Polisi Air Basarnas.

"Kita sudah amankan nahkoda kapal Fery Tao Toba, Jeremi Manurung (64) dan nahkoda KM Yola Sandi Manurung (23) di Polsek Ambarita untuk dimintai keterangan," tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com