Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi Bandara Ngurah Rai Habiskan Dana Rp 3 Triliun

Kompas.com - 06/09/2013, 13:50 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com - Renovasi Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali, yang telah berlangsung sejak Mei 2011 lalu kini sudah sekitar 90 persen rampung. Untuk membangun fasilitas bandara bertaraf internasional tersebut, dana yang dihabiskan mencapai Rp 3 triliun.

"Total biaya sampai hari ini sudah mencapai Rp 3 triliun," ujar Yanus Suprayogi, pimpinan proyek renovasi, saat ditemui di Bandara Ngurah Rai, Jum'at (6/9/2013).

Dana yang cukup besar tersebut digunakan untuk memperluas areal Terminal Internasional dan Terminal Domestik hingga dua kali lipat. Selain itu, Bandara Ngurah Rai kini juga dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan mutakhir.

Salah satunya baggage handling system yang menggunakan teknologi HBS (Hold Baggage Screening) di mana bagasi penumpang digerakkan secara elektronis dan mekanis dari sejak check in hingga mendekati pesawat sehingga meminimalisir kontak fisik dengan petugas.

Fasilitas check-in counter juga ditambah menjadi 96 unit dari yang sebelumnya 62 unit. Meski belum rampung 100 persen, rencananya Terminal Internasional sudah bisa dioperasikan saat KTT-APEC pada bulan Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com