Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru Lima Pasar di Jakarta, Uang Sewa Digratiskan

Kompas.com - 05/09/2013, 19:11 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PD Pasar Jaya berencana merombak lima titik pasar di DKI Jakarta menjadi lebih bagus. Pedagang yang menempatinya pun tak akan dipungut biaya sewa alias gratis.

Direktur PD Pasar Jaya, Djangga Lubis, menjelaskan, lima titik itu yakni Pasar Manggis Jakarta Selatan, Pasar Pesanggrahan Jakarta Selatan, Pasar Kampung Duri Jakarta Barat, Kebon Bawang Jakarta Utara serta Nangka Bungur Jakarta Pusat.

"Itu program kita. Potensi untuk bisnisnya kurang maka kita gratiskan saja di lima lingkungan ini," ujar Djangga di Balaikota, Kamis (5/9/2013) sore.

Djangga mengatakan, saat ini kelima pasar itu telah diisi oleh ratusan pedagang. Untuk mendukung program Pemprov DKI, para pedagang nantinya akan ditempatkan di tempat penampungan sementara. Begitu perombakan rampung, pedagang dipersilakan masuk pasar kembali tanpa membayar sewanya.

"Paling ada biaya untuk listrik dan jasa keamanan saja. Tapi itu belum ditentukan biayanya, yang jelas lebih murah daripada biaya sewa," tandasnya.

Untuk mencegah praktik kongkalikong, Djangga pun memastikan sistem penempatan kios disamakan dengan relokasi pedagang kaki lima (PKL) di Blok G, Pasar Tanah Abang, yakni melalui sistem pengundian.

Secara serentak, pembangunan ulang kelima titik pasar tersebut akan dilaksanakan pada 13 Oktober 2013 yang akan datang. Hanya saja, dari lima titik itu, pembangunan Pasar Nangka Bungur dipastikan mundur dari tanggal tersebut.

Pasalnya, pedagang belum mendapatkan penampungan sementara. Rencananya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sendiri yang akan meresmikan atau meletakan batu pertama pembangunan pasar rakyat tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com