Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSI: Alex Kalah di Pemungutan Suara Ulang Pilgub Sumsel

Kompas.com - 04/09/2013, 20:12 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com
 — Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada hitung cepat pemungutan suara ulang Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan memastikan pasangan Herman Deru-Maphilinda unggul dengan meraih 54,94 persen suara dari 98 persen sampel yang telah dikumpulkan. Namun, dari total keseluruhan perolehan suara Pilgub Sumsel, lembaga survei Strategos Indonesia memprediksi pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki tetap menjadi jawara.

Manajer Riset LSI, Setia Darma, Rabu (4/9/2013), mengatakan, berdasarkan hitung cepat dengan sampel 300 dari 5.163 TPS di Sumatera Selatan, suara terbanyak diraih pasangan nomor tiga, Herman Deru-Maphilinda. Menurut dia, sesuai dengan pengalaman dan kredibilitas, LSI sampai kini belum pernah salah dalam penghitungan cepat.

Karena itu, meskipun baru 98 persen sampel yang telah dihitung, hasil akhir sampai 100 persen tidak akan mengubah perolehan pemungutan suara ulang.
   
Terlebih lagi, dia mengatakan, lima TPS yang belum dihitung tersebut berada di wilayah Ogan Komering Ulu (OKU) dan OKU Timur.
   
Namun, Setia menegaskan, dengan hanya melakukan penghitungan cepat pemungutan suara ulang, sangat sulit untuk menduga siapa pemenang pilkada.

Pemungutan suara ulang dilaksanakan di Kota Palembang, Prabumilih, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, dan Warkuk OKU Selatan.

Perolehan hitungan cepat LSI dari pemungutan suara ulang pasangan nomor 1 Eddy Santana Putra-Anisja Djuita Supriyanto meraih 7,66 persen, pasangan nomor 2 Iskandar Hasan-Hafizd Tohir 3,17 persen, pasangan nomor 3 Herman Deru-Maphilinda 54,94 persen, dan pasangan nomor 4 Alex Noerdin-Ishak Mekki 34,22 persen.

Dia menambahkan, patokan hasil akhir pemungutan suara ulang Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan tentunya berdasarkan hitungan KPUD setempat.

Strategos: Alex-Mekki tetap jawara

Sementara itu, Lembaga Riset dan Strategi Politik, Strategos Indonesia (SI), Rabu (4/9/2013), memprediksi pasangan calon nomor urut 4, Alex Noerdin-Ishak Mekki, keluar sebagai jawara Pilgub Sumatera Selatan.

Pasangan yang diusung Partai Golkar itu memang kalah dalam hitung cepat hasil pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub yang digelar di Kota Palembang, Prabumulih, OKU, OKU Timur, dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan OKU Selatan.

Namun, Alex-Mekki tetap unggul secara keseluruhan perolehan suara (hasil PSU ditambah non- PSU).

Dalam rilisnya di layar lebar, pasangan Herman Deru-Maphilinda pada PSU Pilgub unggul 57,90 persen, sementara Alex-Ishak meraih 33,11 persen.

Kemudian, pasangan Eddy Santana-Wiwiet Tatung 5,88 persen dan pasangan Iskandar-Hafisz hanya meraih 3,11 dari total suara masuk 50, 25 persen yang melaksanakan PSU.

Namun, dari total keseluruhan digabung dengan perolehan suara pada 6 Juni lalu, pasangan Alex-Ishak masih unggul 40,76, Deru-Maphilinda 33,52 persen, ESP-WIN 14,95 persen, dan Iskandar-Hafisz 10,78 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com