Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Jateng-DIY Masih Gelap, PLN Minta Maaf

Kompas.com - 03/09/2013, 20:09 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com - Sebagian besar wilayah di Jawa Tengah hingga Selasa (3/9/2013) malam masih gelap gulita akibat listrik padam yang terjadi sejak 16.23. Belum diketahui secara pasti kapan aliran listrik kembali normal.

Deputy Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jateng-DIY, Priyono mengatakan memang terjadi gangguan pada gardu unit IBT 1 dan 2 di Ungaran, Kabupaten Semarang. Akibatnya sebanyak 1.620 megawatt (MW) hilang atau listrik padam di sebagian besar wilayah Jawa Tengah.

Ia mengatakan daya listrik yang ada pada pelanggan normalnya yakni 2.850 MW dengan beban puncak 3.100 MW. Sedang saat ini daya yang hilang mencapai 1.620 MW sehingga sebagian besar wilayah Jateng gelap.

"Lokasi yang terdampak sebagian Jateng, antara Tegal sampai Cepu mengalami pemadaman," katanya.

Pihak PLN sendiri hingga saat ini mesih mencari tahu penyebabnya. Dan waktu pernormalan menurutnya masih belum bisa dipastikan. "Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tambahnya dan juga berharap gangguan bisa diatasi secepatnya.

Berdasar pantauan, sejumlah daerah yang mengalami listrik padam yakni Grobogan, Blora, Cepu dan Kota Semarang. Selain itu juga wilayah Temanggung, Magelang, Cilacap, Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara.

Sementara itu di wilayah Kota Semarang, sebagian besar listrik juga padam. Sejumlah warga juga mengeluhkan kondisi gelap baik di status BBM ataupun jejaring sosial seperti Twitter. Sedang sejumlah wilayah di Kota Semarang yang terpantau masih teraliri listrik yakni di wilayah Jomblang, Perbalan, Kecamatan Candi dan Jalan Erlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com