Selasa, 29 Juli 2014

News / Regional

Bandung Jadi Tuan Rumah Olimpiade Sains Nasional XII

Selasa, 3 September 2013 | 16:48 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung, Jawa Barat, mulai Selasa (3/9/2013) hingga Minggu (8/9/2013).

Acara ini dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. OSN XII ini bertema "Menyiapkan Generasi Emas yang Cerdas, Kompetitif, dan Berkarakter" dan diikuti 3.600 peserta dari seluruh Indonesia.

Musliar mengatakan, OSN XII itu diikuti 3.600 peserta yang datang dari berbagai penjuru Indonesia. "Mulai dari SD, SMP, SMA SMK Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK), Pendidikan Menengah dan Guru," kata Musliar, di Bandung, Selasa, (3/9/2013).

Menurutnya, pelajaran yang diperlombakan meliputi mata pelajaran, Matematika, IPA, Fisika (murni dan terapan), Kimia (murni dan terapan), Biologi (murni dan terapan), Astronomi, Ilmu Kebumian, Komputer IT, Geografi, Ekonomi dan Bisnis.

"Keikutsertaan para guru pada OSN kali ini merupakan nilai lebih karena guru merupakan kunci utama untuk menjaga kualitas peserta didik dan pendidikan itu sendiri. Selain OSN, diselenggarakan juga kegiatan pendukung seperti Seminar Guru dan Wisata Edukasi," katanya.

Musliar menambahkan, diselenggarakannya OSN terbukti menjadi sarana terbaik untuk mencari pelajar - pelajar berprestasi, bahkan hinggal level international. "Kemendikbud secara konsisten menyelenggarakan OSN sebagai sarana aktualisasi para siswa berprestasi," jelasnya.

Selain itu, OSN juga menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya mendorong akselerasi kebangkitan bangsa dalam menyiapkan generasi emas 100 tahun Indonesia merdeka, yang didorong melalui penguatan pendidikan.

"OSN juga sebagai penyokong untuk generasi muda agar memiliki kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kunci untuk meraih masa depan sebagai bangsa yyang maju dan mempunyai kualitas unggul," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengapresiasi baik atas terselengaaranya OSN XII di Bandung. Heryawan menyampaikan apresiasi atas terselanggaranya OSN di Bandung, Jawa Barat.

"Ini acara nasional. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya karena mempercayakan Bandung sebagai tuan rumah penyelenggaraan OSN yang ke 12 ini," kata Heryawan di tempat yang sama, Selasa.


Heryawan meyakini bahwa generasi muda Indonesia mampu bersaing di kancah Internasional. Dan OSN ini diyakininya sebagai wadah untuk mengantarkan para generasi tersebut. "Kecerdasan generasi muda Indonesia lebih baik dibanding dengan bangsa lain. Hanya saja modal baik itu harus dioptimalkan melalui sejumlah upaya pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi," pungkasnya.

Penulis: Kontributor Bandung, Rio Kuswandi
Editor : Kistyarini