Rabu, 30 Juli 2014

News / Regional

Tak Ada Cuti Hamil, Ribuan Buruh di Demak Gelar Aksi

Selasa, 3 September 2013 | 12:51 WIB
KOMPAS.com (ARI WIDODO) Ribuan buruh PT Delta Dunia Sandang Tekstil yang terletak di jalan raya Semarang - Demak KM 14 menggelar aksi unjukrasa,menuntut adanya kesejahteraan bagi karyawan ,Selasa (3/9/2013).
DEMAK, KOMPAS.com - Ribuan buruh PT Delta Dunia Sandang Tekstil menggelar aksi unjukrasa, Selasa (3/9/2013). Mereka menuntut adanya peningkatan kesejahteraan dari pihak perusahaan.

Mereka mengecam kebijakan manajemen yang tidak memberikan uang makan dan transpor, adanya pemotongan uang premi (kehadiran), dan tidak adanya cuti hamil bagi karyawan wanita.

Aksi yang digelar di depan pabrik pemintalan benang yang terletak di jalan raya Semarang - Demak KM 14 tersebut sempat memacetkan arus lalu lintas di jalur pantura.

"Selama kami bekerja di sini, tidak ada jaminan kesehatan, mosok pabrik terbesar di Asia tidak punya klinik kesehatan. Karyawan harus iuran untuk beli air minum," teriak salah satu pendemo, Salamah lantang.

Para buruh yang masih berstatus kontrak tersebut meminta pihak perusahaan lebih memanusiakan mereka, dan meningkatkan kesejahteraan karyawannya serta mengangkat sebagai karyawan tetap. 

Penulis: Kontributor Demak, Ari Widodo
Editor : Glori K. Wadrianto