Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Persen BLSM I Banyuwangi Tak Dicairkan

Kompas.com - 03/09/2013, 12:08 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI,KOMPAS.com - Dari 130.596 rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Banyuwangi, sebanyak 6.568 keluarga yang tidak mencairkan dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) tahap 1.

Kepala PT Pos cabang Banyuwangi Eko Sumaryanto mengatakan hampir 70 persen bantuan langsung sementara masyarakat BLSM tahap pertama yang gagal antar atau retur dengan alasan penerima dianggap tidak layak.

"Yang dikembalikan rata-rata karena atas kesepakatan musyawarah desa dan musyawarah kelurahan. Keluarga dianggap mampu dan tidak pantas menerima BLSM. Untuk yang meninggal atau berpindah alamat ada tapi persentasenya lebih kecil," jelas Eko kepada Kompas.com, Selasa (3/9/2013).

Eko juga mengatakan pihaknya sudah melaporkan ke pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi terkait pendataan ulang. "Revisi terakhir adalah sampai 10 September. Dan diharap mengirim revisi sebelum tanggal itu agar petugas bisa memasukkan data tepat waktu. Jika dilihat masih ada kemungkinan akan terjadi penambahan jumlah RTS," paparnya.

Dari 24 kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, BSLM yang gagal antar atau retur terbanyak berada di Kecamatan Glenmore sebanyak 1.472 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com