Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Komplotan Garong Rumah Digulung di Balikpapan

Kompas.com - 03/09/2013, 10:20 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Maraknya aksi pencurian menyisakan kekawatiran di kalangan warga Balikpapan, Kalimantan Timur. Namun, setidaknya kini warga boleh sedikit berlega hati, setelah aparat Kepolisian Resor Balikpapan menggulung satu komplotan spesialis pencuri isi rumah.

Tiga orang diciduk dari tempat berbeda akhir pekan lalu. Pertama, Oleng, 23 tahun, warga Gang Nelayan, Balikpapan Selatan. Dua yang lain, Fajar dan Rizki, ABG berusia 16 tahun, warga Gunung Meriam, Balikpapan Barat.

Dari ketiganya, polisi mendapatkan satu TV LCD 32 inch, 16 telepon genggam berbagai merek, sebuah tablet, satu motor Yamaha Mio Sporty, Mio Soul, dan Yamaha FIZ R di Samboja.

“Laporan korban terkait aksi mereka ini sebenarnya ada enam. Dua di Polsek Utara, dua di Barat, dan dua di Polres. Namun setelah pengembangan ternyata sampai 27 TKP rumah dan yang lain curanmor,” kata Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono didampingi Kasat Reskrim AKP Belny Warlansyah dan Kanit Jahtanras Ipda Tumilan, kemarin.

Polisi menangkap terlebih dahulu Oleng, residivis yang pengalaman keluar masuk bui hingga lima kali. Oleng ditangkap di kawasan Gunung Malang selagi mengendarai motor curiannya. Dari situ, dua remaja lain menyusul dicokok. “Si Oleng ini kami temukan di pencucian kendaraan,” kata Tumilan.

Kepada polisi, komplotan ini akhirnya mengaku menjalani aksinya dengan memanfaatkan kelengahan pemilik rumah maupun kendaraan. Rumah dengan jendela dan pintu yang tidak terkunci menjadi sasaran utama. Begitu pula dengan motor yang tidak terkunci atau pemilik kendaraan yang teledor meninggalkan kunci di motornya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com