Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Premium di Masalembu Rp 20.000 Per Liter

Kompas.com - 02/09/2013, 11:52 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Sepuluh hari cuaca ekstrem yang terjadi di perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memacu lonjakan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar.

Hal itu disebabkan pasokan premium dan solar ke pulau terluar di Kabupaten Sumenep itu tidak dikirim. Tidak ada kapal yang berani berlayar untuk mengangkut premium dan solar ke Masalembu dan kepulauan kecil di sekitar Masalembu.

Syamsul Arifin, pemilik pangkalan premium di Desa Sukajeruk, Kecamatan Masalembu mengatakan, sudah tiga hari yang lalu premium dan solar habis. Banyak kendaraan roda dua dan empat tidak beroperasi. Yang bisa beroperasi hanya yang memiliki sisa solar ataupun premiun, yang dibeli beberapa hari sebelumnya.

"Kalau hari-hari biasanya harga premium per liter Rp. 8.500, kalau solar Rp. 7.500. Sudah empat hari di sini tidak ada solar dan premium," kata Syamsul, yang dihubungi Kompas.com, Senin (2/9/2013).

Selain kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak beroperasi, perahu nelayan juga tidak berlayar. Begitu juga dengan mesin diesel milik warga yang dimanfaatkan untuk penerangan listrik di malam hari. Bahkan sudah empat malam Pulau Masalembu dan sekitarnya gelap gulita. Warga menggunakan Penerangan yang digunakan warga menggunakan lampu minyak kelapa.

"Kami belum dapat kabar kapan BBM akan dikirim dari Sumenep atau dari Surabaya. Sebab aktivitas warga di sini banyak yang terhenti karena tidak adanya BBM," imbuh Syamsul.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di Pelabuhan Kalianget, puluhan drum berisi solar dan premium masih dibiarkan di daratan dan belum dinaikkan ke atas kapal.

Sebelumnya sudah ada satu kapal Perintis Sabuk Nusantara 27 berlayar ke Masalembu, Sabtu (31/8/2013) kemarin. Namun kapal ini memprioritaskan penumpang yang membeludak dan sembako yang belum terkirim.

Informasi dari Syahbandar Kalianget, Sumenep, pengangkutan BBM dan kebutuhan sembako lainnya ke beberapa kepulauan akan dimulai Selasa besok. Termasuk juga ke Pulau Masalembu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com