Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Makassar Akan Diperiksa Terkait Kasus Korupsi Tanah

Kompas.com - 31/08/2013, 21:39 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com - Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin segera diperiksa Kejaksaan Tinggi Sulselbar sebagai saksi dalam kasus korupsi pembebasan lahan Celebes Convention Center (CCC) di Jalan Metro Tanjung Bunga.

Ilham selaku ketua tim 9 dijadwalkan akan diperiksa pekan ini sebagai saksi untuk dua tersangka, yakni mantan kepala Bappeda Pemprov Sulsel Sangkala Ruslan dan mantan Camat Mariso Agus AS.

"Pekan depan giliran ketua panitia 9 kita periksa. Intinya kita kebut pemeriksaan saksi-saksi, kemudian tersangka Sangkala Ruslan kita periksa karena kita ingin pelimpahan berkasnya bersamaan dengan tersangka Agus As," kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sulselbar, Chaerul Amir, Sabtu (31/8/2013).

Sementara itu, Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin yang dikonfirmasi terkait rencana pemeriksaan dirinya, menyatakan bersedia hadir. "Saya bersedia hadir dalam pemeriksaan di Kejati Sulselbar. Jika keterangan saya dibutuhkan, kenapa tidak. Selaku pejabat dan warga Indonesia, wajib memenuhi panggilan pemeriksan itu untuk menyelesaikan masalah," singkat Ilham sambil tersenyum.

Sebelumnya, penyidik telah memeriksa satu persatu anggota tim 9 pembebasan lahan dalam kelengkapan berkas perkara tersangka Sangkala Ruslan, di antaranya mantan wakil ketua tim 9, Ichsan Saleh dan Sekretaris 1 tim 9, Tajuddin Noer.

Sangkala Ruslan menjadi tersangka dalam dugaan korupsi pembebasan lahan pembangunan CCC. Sangkala dianggap orang yang paling terlibat dalam pembebasan lahan, mulai dari pembahasan penyusunan rencana APBD, peninjauan hingga rapat-rapat koordinasi yang membicarakan lokasi tanah yang sekarang dibangun CCC.

Sementara Agus As dinilai melanggar hukum sebagai pejabat negara dengan menerima uang yang diakui fee senilai Rp 750 juta dari Rp 3,4 miliar total dana yang dialokasikan Pemerintah Provinsi Sulsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com