Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Siapkan Lahan Pertanian Kedelai

Kompas.com - 31/08/2013, 17:39 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pihaknya tengah menyiapkan lahan pertanian kedelai di beberapa kabupaten se-Jabar. Hal ini menyusul tingginya harga bahan baku tahu tempe di pasaran, karena mengikuti standar harga dollar.

"Kedelai mahal kan gara-gara impor dari luar negeri. Coba kalau ada pertaniannya pasti bisa murah. Maka sekarang kita sedang menyiapkan lahannya di beberapa kabupaten se-Jabar, soalnya kedelai cocok dengan kontur tanah di sini," terang Heryawan seusai berkunjung ke pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Sabtu (31/8/2013).

Aher pun meminta seluruh Dinas Pertanian di kabupaten dan kota se-Jabar untuk menyosialisasikan potensi bertani kedelai. Terlebih saat ini harga kedelai hampir sama dengan harga beras per kilonya.

"Jadi petani nantinya bukan hanya mengandalkan hasil tani dari padi saja. Kedelai pun sekarang mahal harganya," tambah dia.

Namun, saat ditanya lokasi daerah mana saja yang akan disiapkan untuk lahan pertanian kedelai dan waktu realisasinya? Pria yang akrab disapa Aher ini belum bisa menjawabnya.

"Yang jelas lahannya akan di beberapa kabupaten, soalnya kalau di kota tidak mungkin. Belum, sekarang kita masih menyiapkan lahannya dulu," kata Aher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com