Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggul Versi LSI, Gus Ipul: Tunggu Hasil Hitungan KPU Jatim

Kompas.com - 30/08/2013, 15:26 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Meskipun dinyatakan menang sementara oleh lembaga survei yang menggelar penghitungan cepat, calon Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf berharap semua pendukungnya untuk bersabar dan menunggu hasil penghitungan manual KPU Jawa Timur.

''Meskipun kebanyakan hasil hitung cepat lembaga survei itu mendekati benar, tapi kami masih menunggu hasil penghitungan KPU Jatim untuk angka pastinya,'' kata dia, Jumat (30/8/2013).

Yang saat ini harus dilakukan, lanjut Gus Ipul --panggilan akrab Saifullah Yusuf-- bagaimana mengawasi proses penghitungan surat suara dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga KPU Jatim. ''Ini merupakan proses demokrasi yang harus dikawal agar berjalan dengan benar,'' tambahnya.

Pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) unggul dengan perolehan suara 47,91 persen dalam penghitungan cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) atas 350 TPS yang tersebar di seluruh wilayah di Jatim pada pemungutan suara Pilgub Jatim, Kamis (29/8/2013).

Pasangan pesaing ketat nomor urut empat, Khofifah Indar Parawansa- Herman S Sumawiredja (BerKah) mengumpulkan suara 37,76 persen. Pasangan nomor urut 3 Bambang DH-Said Abdullah hanya memperoleh suara 11,05 persen. Sementara pasangan jalur independen, Eggy Sudjana-M Sihat hanya mampu meraup 2,47 persen suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com