Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastika Fokus Pemerataan Pembangunan di Bali

Kompas.com - 29/08/2013, 20:15 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com - Made Mangku Pastika baru saja dilantik sebagai Gubernur Bali untuk kedua kalinya oleh Mendagri Gamawan Fauzi di gedung DPRD Bali, Kamis (29/8/2013) pagi tadi. Pada periode kedua kepemimpinannya, Pastika yang kali ini berduet dengan Sudikerta sebagai wakilnya akan memfokuskan pemerataan pembangunan di seluruh Bali.

"Pengentasan kemiskinan, perimbangan pembangunan Bali utara, timur, barat," ujar Pastika saat ditanya program yang akan dijalankan, kepada wartawan seusai pelantikan, Kamis.

Sejumlah elemen masyarakat sering melontarkan kritikan karena selama ini pembangunan di Bali lebih banyak di wilayah selatan yang sudah cukup padat. Pemerataan pembangunan di wilayah utara, timur, dan barat diyakini akan cukup signifikan untuk mengurangi angka kemiskinan di Bali.

Pastika menambahkan, pembangunan ke depan harus tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan. "Yang penting tetap menjaga alam terutama," tegas Pastika.

Dalam kesempatan ini Pastika juga akan merangkul pihak-pihak yang menjadi pesaingnya saat Pilgub lalu. "Harapan saya kita bergandengan tangan, kalau cinta kepada Bali mari membangun bersama-sama," jelasnya.

Seperti diberitakan Pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta yang disahkan sebagai pemenang Pilgub oleh KPU Bali setelah memperoleh suara 1.063.734 (50,02%) mengungguli pasangan nomor urut satu AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan dengan perolehan suara 1.062.738 (49,98%). Hari ini Pastika-Sudikerta dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali periode 2013-2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com