Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Menang Telak di TPS Sendiri

Kompas.com - 29/08/2013, 17:09 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Timur Soekarwo menang telak di tempat pemungutan suara (TPS) tempat dia mencoblos. Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu mengumpulkan 109 suara dari total 199 suara yang terdaftar.

Menurut hasil penghitungan suara KPPS, pasangan Khofifah Indar Parawansah-Herman Surjadi Sumawiredja hanya mengumpulkan 5 suara; pasangan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah 15 suara, dan; pasangan independen Eggy Sudjana-Muhammad Sihat hanya 1 suara.

''Dari 199 pemilih, yang mencoblos 111 pemilih, dan suara tidak sah 1 suara,'' kata petugas TPS 26 Puspa Mustika.

Soekarwo mendatangi TPS tepat pukul 10.00 WIB dengan menggunakan busana serbawarna putih, dengan didampingi istri dan dua putrinya di TPS 26, Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo Surabaya.

Hari ini, 30.034.240 pemilih warga Jatim menentukan gubernur dan wakil gubernur periode 2014-2019. Mereka memilih di 71.036 TPS yang tersebar di 38 kabupaten dan kota. Hingga pukul 14.30 WIB, hasil hitung cepat lembaga survei menunjukkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf memperoleh suara 47,44 persen.

Pasangan petahana itu mengungguli saingan terberatnya yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (BerKah). Perolehan suara pasangan calon nomor urut 4 itu juga meningkat menjadi 38,71 persen. Survei dilakukan di 350 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah di Jatim. Prosentase tersebut berdasarkan penghitungan suara di 91,43 persen TPS atau sekitar 321 TPS yang dijadikan sampel hitung cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com