Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSI: Soekarwo Unggul, Pilkada Jatim Satu Putaran

Kompas.com - 29/08/2013, 16:56 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil penghitungan cepat versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur berlangsung satu putaran dan pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) meraih suara terbanyak dengan 47,95 persen dari total sampel suara yang digunakan.

“(Pasangan Karsa) menang satu putaran seperti perkiraan awal,” ujar Direktur Eksekutif LSI Denny Januar Ali di sela-sela input data penghitungan cepat Pilkada Jatim di kantor LSI, Jakarta, Kamis (29/8/2013).

Hingga berita ini dilaporkan, LSI baru merilis sebanyak 98,86 persen dari total suara yang dikumpulkan di 350 tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel.

Lawan terberat Karsa, pasangan calon nomor urut 4 Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah), memperoleh suara 37,77 persen. Disusul dengan pasangan nomor urut 3, Bambang DH-Said Abdullah, yang merebut 11,9 persen. Posisi terakhir diduduki pasangan independen Eggi Sudjana-M Sihat dengan 2,47 persen suara.

Sebelumnya, dalam survei terakhir LSI yang dilakukan pada masa kampanye atas penyelenggaraan Pilkada Jatim 2013, LSI menilai pasangan Karsa berpotensi menang satu putaran. “Survei kami lakukan di tengah masa kampanye, antara 13-19 Agustus. Pasangan nomor urut 1 menempati posisi teratas dengan perolehan angka cukup telak, yakni 49,8 persen suara,” ujar Direktur Riset LSI, Arman Salam, Minggu (25/8/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com