Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Kedelai Naik, Pengusaha Tahu Pulangkan Karyawan

Kompas.com - 27/08/2013, 13:14 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Melambungnya harga kedelai di pasaran akibat nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dollar AS mulai berdampak kepada pengusaha tahu di Bali.

Salah satu pengusaha kecil di kawasan Noja, Denpasar bahkan sampai memulangkan salah satu karyawannya. "Gara-gara ini, dulu lima orang sekarang jadi empat orang, dia sekarang pulang ke Lombok," ujar Tahir di tempat usahanya, Selasa (27/8/2013).

Tahir mengaku kesulitan memproduksi tahu dengan harga kedelai yang mencapai Rp 9.200 per kilogramnya. Kenaikan ini sangat tinggi, karena sebelumnya harga kedelai hanya Rp 7.000 per kilogram.

Demi menyiasati tingginya harga kedelai, Tahir terpaksa memperkecil ukuran tahu. Tahir memilih cara ini karena dari segi ukuran sekilas tidak kelihatan, sementara jika menaikkan harga ditakutkan konsumen akan kabur.

Naiknya harga bahan kedelai dalam beberapa hari terakhir, juga membuat Tahir mengurangi produksi. Jika biasanya Tahir memproduksi 200 kilogram kedelai kini hanya sekitar 150 kilogram kedelai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com