Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Satu Malam, Kabut Asap di Pontianak Hilang

Kompas.com - 27/08/2013, 09:07 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Kabut asap yang menyelimuti Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dan sekitarnya dalam beberapa hari lalu, terutama pada malam hari, mulai hilang. Itu terjadi setelah pada Senin malam hingga Selasa (27/8/2013) dini hari, turun hujan deras.     

Seperti yang diberitakan, kabut asap timbul akibat kebakaran dan pembakaran lahan masyarakat. Pada saat bersamaan, tidak turun hujan di Pontianak selama lebih dari dua pekan.

Sepanjang akhir pekan lalu, berdasarkan hasil pantauan air quality monitoring system (AQMS) Badan Lingkungan Hidup Kota Pontianak, udara di Kota Pontianak masuk kategori tidak sehat pada malam hingga dini hari.     

Kepala Subbidang Pemantauan Kualitas Lingkungan BLH Kota Pontianak Imansyah menuturkan, pada akhir pekan lalu, indeks standar pencemar udara (ISPU) pada pukul 21.00 WIB sampai pukul 02.30 lebih dari 100. Itu berarti, kualitas udara masuk kategori tidak sehat.     

Kualitas udara memburuk karena udara terkontaminasi asap dari kebakaran atau pembakaran lahan. Kondisi itu berbahaya bagi warga lanjut usia, anak-anak berumur di bawah lima tahun, dan ibu hamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com