Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unair Anugerahi Chairul Tanjung Doktor "Honoris Causa"

Kompas.com - 26/08/2013, 17:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Universitas Airlangga Surabaya menganugerahkan gelar doktor honoris causa di bidang ekonomi kepada Chairul Tanjung, Senin (26/8/2013). Pengusaha media itu dianggap konsisten dalam pemikirannya untuk mengupayakan terbentuknya Indonesia yang sejahtera.

Rektor Universitas Airlangga Prof Fasichul Lisan mengatakan, Chairul Tanjung memiliki konsep pembangunan ekonomi berkeadilan dan sejahtera agar masyarakat miskin dan rentan menjadi masyarakat kelas menengah dan lebih sejahtera.

"Ditambah dengan berbagai kiprah beliau dalam bidang pembangunan ekonomi, sangat pantas gelar ini kami anugerahkan," ujarnya.

Dalam pidato pengukuhannya yang berjudul "Menuju Indonesia Berkeadilan dan Sejahtera untuk Semua", Chairul menyampaikan, Indonesia membutuhkan transformasi perekonomian, khususnya di sektor pertanian dan manufaktur untuk maju sejahtera. Chairul mengusulkan mobilisasi tenaga kerja pertanian ke nonpertanian dan nonperikanan. Untuk itu, perlu ada pembangunan agro-industri di pedesaan.

"Selain itu, Indonesia harus menciptakan struktur industri manufaktur yang tepat agar bisa memenuhi kebutuhan domestik. Struktur industri Indonesia harus memiliki industri hulu yang kuat," paparnya.

Pengukuhan Chairul Tanjung dihadiri sejumlah pejabat dan menteri seperti Mohammad Nuh (Mendikbud), Muhaimin Iskandar (Menakertrans), Tifatul Sembiring (Menkominfo), Sudi Silalahi (Menteri Sekretaris Negara), Suswono (Mentan), Dahlan Iskan (Menteri BUMN), Roy Suryo (Menpora), serta Ketua DPR RI Marzuki Ali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com