Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galeri Nasional Pamerkan Koleksi di Pontianak

Kompas.com - 26/08/2013, 13:27 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

Sumber KOMPAS
PONTIANAK, KOMPAS.com - Galeri Nasional Indonesia memamerkan sejumlah lukisan maestro seni lukis Indonesia di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mulai Selasa (27/8/2013). Pameran bertajuk 'Citra Khatulistiwa' tersebut juga akan memamerkan karya seni kreasi seniman Kalbar.

Kuss Indarto dari Galeri Nasional Indonesia (GNI) dan Eugene Yohanes Palaunsoeka, Ketua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Kalbar akan bertindak sebagai kurator. Kuss menuturkan, ada 25 lukisan karya maestro seni rupa Indonesia yang dipamerkan, antara lain Raden Saleh, Affandi, Basuki Abdullah, Achmad Sadali, dan Joko Pekik.

"Pameran keliling yang sudah digelar GNI di berbagai daerah sebanyak delapan kali ini bertujuan agar masyarakat di daerah tidak perlu ke Jakarta untuk menikmati karya para maestro seni rupa," kata Kuss, Senin (26/8/2013).

Saat ini, GNI memiliki koleksi sekitar 1.700 karya dan 25 di antaranya dipamerkan di Pontianak. Pameran keliling sejak 2006 sudah digelar di sejumlah kota seperti Manado, Balikpapan, Medan, Ambon, Palembang, Banjarmasin, dan Makassar.

Pameran koleksi GNI juga pernah dilakukan di sejumlah negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Aljazair. Rencananya, tahun 2013 ini GNI akan menggelar pameran serupa di Iran dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KOMPAS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com