Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentil PNS Nakal, Kata-kata Lucu Ditempel di Kantor

Kompas.com - 26/08/2013, 12:37 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan punya cara unik untuk "menyentil" minimnya disiplin pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan kerja mereka.

Sebuah kertas berukuran folio ditempel di depan pintu masuk setiap ruangan. Kertas tersebut bertuliskan penyakit-penyakit PNS yang dipelesetkan dengan kata-kata lucu.

Beberapa kata tersebut antara lain "ASMA" yang merupakan kependekan dari "asal mengisi absen, "GINJAL" kependekan dari "gaji ingin naik tapi kerja lambat, dan TBC yang merupakan kependekan dari "tidak bisa computer".

Kalimat-kalimat lucu tersebut kontan membuat tamu dan warga yang datang ke kantor di Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Pemkab Minsel) tersenyum geli. "Bagus itu, agar mereka juga merasa risih karena kadang kala, kami datang, ruangan kosong, tidak ada pegawai," ujar Stenly, salah satu warga.

Kalimat-kalimat lainnya adalah "PUCAT" yang merupakan kependekan dari "pulang cepat", KUDIS yang merupakan singkatan "kurang displin", dan KRAM singkatan dari "kurang terampil".

Salah satu anggota Satpol PP, Rendy S, mengakui kebijakan menempel kertas tersebut dilakukan agar PNS di lingkup Pemkab Minsel merasa malu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com