Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilgub Jatim Diramal Rusuh, Komunitas Paranormal Ruwatan

Kompas.com - 25/08/2013, 20:42 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Komunitas paranormal melakukan ritual di petilasan cagar budaya, Patung Joko Dolog, di Jalan Taman Apsari, Surabaya, Minggu (25/8/2013).

Ritual itu dilakukan karena mereka mengaku mendapat petunjuk akan ada kisruh di Pilgub Jatim tahun ini. Beberapa paranormal datang dengan membawa bunga tujuh rupa dan memasang dupa di samping patung Joko Dolog, sebagai bentuk penghormatan.

Sebelum membaca doa, mereka mengelilingi patung Joko Dolog beberapa kali. "Semoga setelah ritual ini, Pilgub Jatim berjalan aman tanpa gejolak, serta menghasilkan pemimpin yang amanah," kata pimpinan komunitas spiritual, Ki Sabdo Jagad Royo.

Berdasarkan penerawangannya beberapa hari terakhir, Pilgub Jatim kali ini akan mendatangkan keributan dan gejolak besar, serta mengganggu stabilitas keamanan di Jatim. "Ada petunjuk goib yang mengatakan seperti itu. Semoga setelah ritual ini, rencana itu akan dihapus atau diminimalisir," terangnya.

Dalam penerawangannya juga, pasangan petahana, Soekarwo-Saifullah Yusuf akan memenangkan Pilgub Jatim. "Karsa sampai hari ini masih mendominasi. Dan saingan berat Karsa ada di Khofifah serta pasangan Bambang. Kalau Eggi Sudjana saya tidak melihat ada tanda-tanda menjadi pesaing," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com