Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Makassar Bersepeda Bagikan Selebaran Pilkada Damai

Kompas.com - 25/08/2013, 17:10 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar bersepeda santai sambil membagi-bagikan selebaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai. Bersepeda santai ini dilakukan selama dua hari berturut-turut, sejak Sabtu dan Minggu (25/8/2013).

Ratusan anggota di jajaran Polrestabes bersepeda santai dan menelusuri ruas-ruas jalan di Kota Makassar. Mereka membagi-bagikan selebaran dan menempelkan stiker Pilkada damai yang tidak lama lagi digelar untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar untuk periode 2014-2019.

Kepala Polrestabes Makassar, Komisaris Besar (Kombes) Wisnu Sandjaja mengatakan, pihaknya terus mengkampanyekan Pilkada damai sambil para kandidat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar berkampanye.

Ia berharap, selama masa kampanye sampai waktu pemilihan di bulan September mendatang, tidak terjadi keributan antara massa pendukung masing-masing pasangan calon.

"Sebelum 10 pasangan calon (paslon) memaparkan visi-misi, berkampanye mulai tanggal 1 September, polisi lebih dulu mengkampanyekan Pilkada damai dengan membagi-bagikan selebaran kepada masyarakat. Selain itu juga, kita melakukan pendekatan dengan massa masing-masing calon dan memberikan arahan-arahan agar tidak melakukan tindakan melanggar hukum," katanya.

Selain imbauan berkampanye damai dengan bersepeda santai, seluruh Polsekta di jajaran Polrestabes Makassar pun menggelar jalan santai dengan masyarakatnya. "Seluruh Polsekta di jajaran Polrestabes Makassar ikut mengampanyekan Pilkada Damai dengan jalan santai dengan masyarakat. Jadi jalan santai ini dilakukan secara bergiliran," kata Wisnu.

10 calon yang akan bertarung 18 September mendatang yaknu paslon Apiyati K Amin Syam-Zulkfli Gani Ottoh diusung 21 Partai politik non parlemen, kemudian empat calon perseorangan yakni, Herman Handoko-Abdul Latif AA Bafadhal, Rusdin Abdullah-Idris Patarai, Erwin Kallo-Hasbi Ali serta Hj Sitti Muhyina Soefian-Muhammad Syaiful Saleh.

Sedangkan jalur partai politi seperti, HM Adil Patu-M Isradi Zainal diusung Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Selanjutnya pasangan Irman Yasin Limpo-Busrah Abdullah diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pasangan lainnya yakni Mohammad Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal MI diusung Partai Demokrat dan Partai Bulan Bintang (PBB) sedangkan pasangan lainnya yakni Supomo Guntur-Kadir Halid diusung Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Sementara pasangan Tamsil Linrung-Das’ad Latif diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Partai Hanura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com