Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei LSI: Jokowi Tak Berpengaruh di Jatim

Kompas.com - 25/08/2013, 16:53 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Pengaruh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk mendongkrak perolehan suara pasangan gubernur dari PDI Perjuangan ternyata tidak kuat. Pasangan cagub-cawagub Jatim yang didukungnya ternyata tidak mampu mendorong masyarakat untuk juga mendukungnya.

Hasil pendataan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, pasangan nomor 3 yang diusung PDI-P, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah, hanya memiliki dukungan 8,4 persen dari 440 responden masyarakat Jatim yang disurvei.

Perolehan itu jauh dari dukungan yang diperoleh pasangan petahana, Soekarwo-Saifullah Yusuf, 35,6 persen. "Ini membuktikan bahwa figur Jokowi tidak begitu berpengaruh di Jatim," kata peneliti LSI, Arman Salam, Minggu (25/8/2013).

Hasil survei yang digelar 13-19 Agustus itu menyebutkan bahwa pasangan jalur independen Eggi Sudjana-Sihat hanya mendapat 0,2 persen, pasangan Khofifah Indar parawansah-Herman Surjadi Sumawiredja memperoleh 10,2 persen dukungan.

Sementara suara mengambang mencapai 45,6 persen. Tingginya dukungan kepada pasangan petahana, kata dia, lebih dominan disebabkan program-programnya yang dianggap berhasil oleh masyarakat Jatim.

"Survei kami menyebut, 50 persen responden lebih mengaku puas dengan kinerja Soekarwo- Saifullah Yusuf dan menginginkannya untuk kembali memimpin," tambahnya.

Survei LSI itu menggunakan metode sampel dengan wawancara tatap muka dan kuesioner. Margin error survey tersebut diklaim kurang lebih sekitar 4,8 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com