Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logistik Pilgub Jatim di Pulau Kangean Tercebur ke Laut

Kompas.com - 24/08/2013, 23:05 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


SUMENEP, KOMPAS.com - Di tengah sulitnya pendistribusian logistik Pilgub Jawa Timur ke beberapa kepulauan terpencil di Kabupaten Sumenep, sebagian logistik yang sudah sampai di Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, tercebur ke laut. Kejadian itu menyebabkan logistik itu rusak dan tidak bisa dipakai.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep Divisi Logistik, Muhammad Ilyas menuturkan, logistik yang tercebur ke laut untuk 1 TPS di Desa Sumber Nangka, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean. Berdasarkan informasi dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Arjasa, logistik itu untuk 412 pemilih.

"Yang terselamatkan hanya surat suara karena terbungkus plastik. Sementara lainnya seperti formulir C1 serta dokumen-dokumen lain untuk penghitungan suara, kemudin tinta, alas coblos, semuanya rusak parah," ungkap Ilyas.

Terceburnya logistik Pilgub itu disebabkan Kapal Sukaria yang mengangkut logistik tidak bisa sandar di Pelabuhan Batu Guluk, Kecamatan Arjasa karena ada kapal Dharma Bhati Sumekar yang sama-sama sandar karena mesinnya rusak. Sehingga kapal pengangkut logistik terombang-ambing di tengah laut.

"Kami masih menunggu berita acara terkait musibah terceburnya logistik tersebut. Setelah berita acara dibuat, KPU akan mengirimkan kembali logistik yang rusak sebagai penggantinya," ungkap Ilyas.

Untuk penggantian logistik itu, diusahakan bersamaan dengan pendistribusian logistik di kepulauan lainnya dengan menggunakan pesawat helikopter. Sebab tanpa menggunakan pesawat helikopter akan kesulitan di tengah cuaca buruk dan mepetnya waktu pelaksanaan Pilgub Jawa Timur yang tinggal lima hari lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com