Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Simalungun Serahkan Bangunan untuk Kantor Kodim

Kompas.com - 24/08/2013, 22:53 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Simalungun menyerahkan satu bangunan untuk dijadikan kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 0207 Simalungun.

Penyerahan itu dilakukan di Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara oleh Bupati Simalungun JR Saragih, Sabtu (24/8/2013) dan disaksikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Moeldoko.

Pada Mei 2013, Pemkab Simalungun juga memberikan lahan seluas 8.140 hektare untuk kawasan latihan militer. Lahan tersebut berada di Kecamatan Silou Kahean.

Bangunan yang diserahkan kali ini adalah bekas kantor Dinas Pariwisata yang berada di komplek Perkantoran Kabupaten Simalungun. Serah terima dari Pemerintah Kabupaten Simalungun kepada pihak Kodam I/BB diawali dengan penandatanganan berita acara oleh Bupati Simalungun JR Saragih dan Pandam I/BB Mayjen TNI Burhanuddin Siagian.

Dalam sambutannya, Jenderal TNI Moeldoko menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simalungun yang telah memberikan perhatian kepada TNI.

“Sungguh luar biasa penghargaan yang kami terima. Sebelumnya bulan Mei lalu Pemerintah Kabupaten Simalungun juga memberikan lahannya seluas 8.140 hektar untuk kawasan latihan militer berlokasi di Kecamatan Silou Kahean. Saat ini juga diberikan bangunan kepada pihak Kodam I/BB untuk digunakan sebagai kantor Kodim 0207 Simalungun," katanya.

Untuk itu, lanjut Jenderal TNI Moeldoko, apa yang menjadi keinginan dari seluruh masyarakat agar kantor Kodim berada di daerah Pematang Raya perlu segera direalisasikan.

“Perlu diketahui bahwa orang Sumatera Utara ternyata hebat-hebat. Seperti Pangdam I/BB Mayjen TNI Burhanuddin Siagian ini, beliau asli putra daerah Sumatera dan berdasarkan catatan saya saat ini ada 7 orang yang menjadi pangdam berasal dari Sumatera Utara, memang hebat orang Sumatera Utara dan tekad kami kantor ini akan segera dioperasionalkan,” ujar Moeldoko.

Moeldoko kemudian berharap kepada para orangtua senantiasa memberikan motivasi  dan dorongan yang kuat kepada para generasi muda untuk mau masuk menjadi anggota TNI AD.

“Mari kita bersama-sama meniti karier di TNI dan saya juga merasa bersyukur atas dukungan dan doa seluruh masyarakat terutama masyarakat Kabupaten Simalungun yang telah memberikan dukungan moral kepada saya, dan saya juga telah lulus fit and proper test untuk menjadi Panglima oleh Komisi I DPR RI, selanjutnya pada tanggal 30 Agustus mendatang saya akan dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden RI,” tandasnya.

Kesempatan itu, KSAD menyampaikan sebelumnya dia bersama rombongan telah meresmikan pelaksanaan bedah rumah masyarakat nelayan sebanyak 84 unit di Kabupaten Deli Serdang. “Oleh karena itu diimbau kepada seluruh masyarakat jangan ragu-ragu bersama kami, karena semua persoalan bisa diselesaikan,” tegasnya.

Bupati Simalungun JR Saragih dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan KSAD Jenderal TNI Moeldoko ke Kabupaten Simalungun. Kunjungan ini merupakan kali kedua setelah pada bulan Mei lalu KSAD meresmikan Simalungun Military Training Area (Simtra) atau kawasan latihan militer di Kecamatan Silou Kahean.

Kunjungan kali ini, kata Bupati, untuk menghadiri dan menyaksikan acara serah terima kantor dari Pemerintah Kabupaten Simalungun kepada pihak Kodam I/BB, dimana rencananya lahan dan bangunan seluas lebih kurang 19.650 M2 akan dijadikan Kantor Kodim 0207 Simalungun.

“Dengan hadirnya kantor Kodim di Pamatang Raya ini, diharapkan dapat lebih mempermudah koordinasi dalam melaksanakan program Pemkab khususnya peningkatan pelayanan masyarakat sekaligus untuk mempercepat pembangunan kota Pamatang Raya sebagai Ibukota Kabupaten Simalungun. Apalagi kantor Polres juga sudah ada di sini, dan ini diharapkan  juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap JR Saragih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com