Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Wirjawan Pimpin Barisan Indonesia

Kompas.com - 24/08/2013, 19:51 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Gita Wirjawan resmi terpilih sebagai Ketua Umum DPP Barisan Indonesia (Barindo) hingga 2018 nanti. Menteri Perdagangan RI ini terpilih secara aklamasi menggantikan Muhayat dalam Munas II Barindo di Surabaya, Jawa Timur, 23-24 Agustus 2013.

Selama kepemimpinannya, dia berjanji akan membawa Barindo sebagai organisasi besar yang memiliki fungsi sosial bagi masyarakat, bukan untuk kepentingan kelompok tertentu. ''Nanti Barindo akan bangun fasilitas sosial seperti sekolah, klinik, bahkan rumah sakit untuk masyarakat,'' ungkapnya, Sabtu (24/8/2013).

Dia membantah, organisasi Barindo akan dijadikannya sebagai gerbong untuk dirinya menjelang suksesi pemilu 2014. ''2014 bukan tujuan akhir. Yang terpenting, Barindo akan menyiapkan kriteria calon pemimpin bangsa Indonesia ke depan yang bersih,'' tambahnya.

Nama Gita Wirjawan disebut-sebut sebagai tokoh yang akan bertarung pada Pilpres 2014 nanti. Hari ini, Komite konvensi calon presiden Partai Demokrat akan menyerahkan undangan pelaksanaan prakonvensi kepada Gita Wirjawan.

Selain itu, undangan juga diberikan kepada dua tokoh lainnya yakni Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie, dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman. Sebelumnya dua tokoh sudah mengikuti tahapan prakonvensi, yakni Panglima TNI, Endriarto Sutarto, dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com