Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.448 Surat Suara untuk Pilkada Kediri Rusak

Kompas.com - 24/08/2013, 12:01 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Ribuan kertas surat suara untuk pemilihan Wali Kota Kediri, Jawa Timur, rusak sehingga tidak layak pakai. Hal itu diketahui setelah Komisi Pemilihan Umum setempat menyortir surat suara yang diterima dari KPU Provinsi Jawa Timur.

Data yang di himpun dari KPU Kota Kediri, dari surat suara yang diterima sebanyak 215.033 lembar, 6.448 lembar di antaranya tidak layak pakai. Sebagian ada yang salah potong di bagian tepi surat suara atau tidak presisi, sisanya robek.

"Meski kepotong sedikit saja kotaknya, ya dianggap cacat. Karena peraturan pencoblosannya harus berada dalam kotak," kata Samanhudi, Komisioner Divisi Logistik KPU Kota Kediri, Sabtu (24/8/2013).

Adapun kebutuhan surat suara untuk Pilwalkot Kediri mengacu jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada, sebanyak 206.340 lembar. Jumlah tersebut ditambah dengan surat suara cadangan 2,5 persen menjadi 211.499 lembar.

"Kekurangan surat suaranya sudah kita mintakan kepada KPU provinsi dan nanti siang sudah sampai di sini," kata Samanhudi.

Pemilihan Wali Kota Kediri akan berlangsung pada 29 Agustus 2013 bersamaan dengan Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Terdapat tujuh pasangan yang siap bertarung di Pilwalkot Kediri, yaitu Arifudinsyah-Sudjatmiko, Bambang Hariyanto-Hartono, Imam Subawi-Suparlan, Samsul Azhar-Sunardi, Kasiadi-Budi Rahardjo, Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibbah, dan Herry Muller-Ali Imron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com